Yuk, Kita Gabungkan Unsur Modern dengan Tradisional !

Hi Guys, apa kabar ? Gimana persiapan wedding kalian ?

kali ini adit mau sedikit bahas tentang musik, yaitu ide untuk menggabungkan unsur tradisional dengan unsur modern. Sedih banget kalau ada di antara kalian yang ga suka dengan musik tradisional Indonesia. Padahal unsur tradisional Indonesia begitu kaya warna dan rasa. Coba deh kamu perhatiin, dari ujung timur sampe ujung barat, semua punya rasa , taste, tersendiri. Tul ? Menghadirkan “rasa” daerah kita pada pesta pernikahan kita, tentu akan menjadi suatu sajian menarik, yang unik, yang berbeda, untuk semua undangan yang hadir.

Terus pertanyaannya sekarang : ” tapi gimana kalau kuno, Dit? ” Jangan takut, jangan resah.. Kamu bisa koq menggabungkan unsur tradisional kamu dengan unsur modern. Adit coba share beberapa hal yang pernah adit lakukan yah .

Menggabungkan Unsur Tradisional

ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menggabungkan unsur tradisional dengan unsur modern, yaitu :

  1. memainkan lagu yang kental rasa kedaerahannya, misalnya berbahasa daerah, tapi genre music-nya kita ubah. Adit pernah mencobanya untuk lagu lagu daerah, misalnya:
    1. Kambanglah Bungo, lagu daerah Minang, adit buat versi Bossas, dengan suara yang dipecah. Ini sangatt menyenangkan! LAgunya asik, trus, karena kita buat versi bossas, jadi ringan, dan modern.
    2. Na Sonang Do Hita Nadua, lagu daerah Batak, kita bikin versi groove. Ini juga seru banget. Lagunya sebenernya simple, gak neko neko, dibandingkan dengan lagu lagu batak lainnya yang tinggi tinggi nada nya, lagu ini jauh lebih sederhana. Namun, justru karena kesederhanaannya, lagu ini dapat dengan mudah kita aransemen ulang
    3. Angin Mamiri , lagu adat Makasar. Untuk lagu Angin Mamiri ini, adit dan Isma, kita sedikit mencontek aransement Ten2Five. Ini seru, apalagi lagunya sangat familiar. Adit lihat banyak om dan tante yang ikut nyanyi bareng kita! nice.
    4. Bubuy Bulan, lagu adat Sunda. Kali ini, kita buat Bubuy Bulan versi Jazz. nada Minor, ditambah alunan Flute dari team Expert dengan nada nada khas bumi Parahyangan, bikin lagu ini kental jazznya tapi juga kental rasa daerah sundanya. One of the best!
    5. Masih dari Bumi Parahyangan, Neng Geulis. Kita bikin versi rock and roll sedikit blues! this is cool! secara adit kan dari Bandung ya, pass dah nyanyi lagu sunda! hehe.
  2. Nah, kalau tadi adit kasi contoh lagu lagu yang kita aransemen ulang, kali ini adit mau coba kasi ide untuk kalian. Kenapa enggak, kita coba balerina cilik, menari dengan iringan lagu adat. Memang, kostum nya harus sedikit di retouch, tidak terlalu balerina, mungkin warnanya agak merah, gold, kalau nuansa padang, atau biru silver kalau sunda, tapi kita kasih taste adat. Pasti seru deh!
  3. Yang ketiga, hidangan santap siang/santap malam. Adit jarang banget ngeliat jajanan pasar khas indonesia di pesta pesta pernikahan jakarta. pertanyaannya kenapa? paling sering kan cuma : zuppa soup, puding, chocolate fountain, sushi ? knapa ga coba masukkan jajanan pasar yang tentunya rasanya ga kalah koq dengan rasa “luar”.
  4. Terakhir, tentu akan lebih kental rasa daerah apabila pada saat kata sambutan, diselipkan salam selamat datang dalam bahasa adat. Ga perlu semua sih, tapi minimal satu kalimat. Seperti halnya bule, seneng banget kalau bisa menyapa indonesia dengan bahasa indonesia, begitu pula kita. Seharusnya kita bangga, dan mau memperkenalkan bahasa daerah kita kepada undangan yang hadir, yang tentunya berasal dari berbagai macam suku dan daerah.

Jadi , gimana? semoga masukan adit berguna untuk kamu semua. Happy hunting, Couplez!

entertainment expert by joshua aditya and hardhy

wedding entertainment jakarta

expert.entertainment@yahoo.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s