waduh! Budget nya koq bengkakk ??

Image

Jerawatt kali bengkak ! hahaha , Hmm , Kenapa sih? budget wedding kamu bengkak ye ? hmm , Banyak client adit belakangan ini curhat tentang membengkaknya budget untuk pesta pernikahan mereka. Dan ironisnya, bengkaknya, gak 10 %, gak 20 % , tapi beberapa ada yang sampe 100 % !! that is just crazy ! ( i bet you’re agree with me )

Sebenernya, membengkaknya budget untuk wedding itu bukan lagu baru, tapi lagu lama , dan selalu seperti itu. Pertanyaannya, kenapa ? koq bisa ? apa yang salah ? Tul ? Yes, mencari letak kesalahan is a good start to begin with. penting banget untuk tahu letak kesalahan di mana, agar kita bisa mulai koreksi diri, dan cari solusi untuk kesalahan tersebut, walaupun ada beberapa kesalahan yang judulnya “Sudah terlanjur” , tapi bukan berarti tidak bisa di perbaiki.Kali ini, adit mau share sedikit hasil diskusi adit dengan client adit, hope it helps !

kenapa budget bisa bengkak ?

Ada banyak hal yang mungkin menyebabkan wedding budget kamu membengkak , yaitu :

  1. Para wanita  ( biasanya ) memiliki ide, imaginasi, impian masa kecil tentang wedding day mereka. DAn, ide tersebut yang kemudian mereka coba wujudkan into reality. The idea of perfection ini sebenernya kayak buah simalakama. Kenapa? karena,  Tidak ada batasan yang tegas , tidak ada limitation, tidak ada agreement tentang batasan sebuah perfection. JAdi, mencoba nuntuk membuat wedding day kamu “seperfect” imaginasi kamu, mungkin menjadi salah satu penyebab membengkaknya budget kamu. SEtuju ?
  2. Hal kedua adalah Gengsi , dan biasanya ini adalah para pria. Mereka gengsi kalu weddingnya biasa biasa aja. MAlu diomong pihak keluarga wanita, malu diomong temen temen mereka. Malu karena boss mereka mau datang nanti ke pesta pernikahan mereka, dan masih banyak hal lainnya tentang gengsi seorang pria yang mungkin menyebabkan menaiknya budget demi menciptakan sebuah pesta pernikahan yang ber-gengsi.
  3. Yang ketiga adalah, orang tua yang terlalu banyak menuntut. MEreka ingin, pesta pernikahan anak mereka tidak malu maluin muka mereka. Untuk hal ini, adit ga bisa bicara banyak, karena setiap orang tua dan anak mempunya derajat hubungan yang berbeda beda. Kalo adit, adit bisa diskusi dengan ortu dan mereka mendengarkan. TApi ada tipikal orang tua yang keras, dan itu uda default mereka, mau diapain lagi ? tul ?

ketiga hal di atas adalah penyebab utama membengkaknya wedding budget kamu. KAmu setuju gak ? KArena kamu ingin semuanya indah, serba putih, banyak bunga, banyak sofa sofa yang besar , banyak mainan warna untuk dekor , akhirnya kamu terus menerus mengoreksi dekorasi kamu, yang tentunya,butuh duit. Atau para pria yang ingin makanan ada banyak jenisnya, gengsi kalau pondokan dikit, gengsi kalau masakan nya masakan indonesia, akhirnnya, mereka nambah pondokan yang banyak, makanan dipilihnya yang paling mahal, dan dirasa berkelas. Budgetnya ?? naikk !! Atau, ortu yang ingin pesta pernikahan anaknya jadi hot gosip di kalangan temen-temen arisan, temen temen main golf , dll , mereka menuntut anaknya untuk nambah ini itu yang ga jelas, sehingga budget meningkat. PErtanyaannya adalah , seberapa penting sih “imaginasi – gengsi – dan jaga muka itu “

sekarang harus gimana ?

NAh, setelah masing masing intropeksi diri , skarang kita pikirin, musti gimana ya ? Adit punya beberapa saran yang mungkin bisa bantu kamu , cekidot.

  1. PErtama, kamu musti sadari, bahwa ” tidak ada yang namanya wedding yang perfect seperti imajinasi kamu “. Imajinasi sifatnya tak hingga, dan itu artinya ,mengejar imajinasi yang perfect , sama seperti hal nya chasing shadow. Ada di depan mata, tapi gak pernah bisa tercapai. Semakin kamu berusaha mengejarnya, semakin kamu ngerasa kurang, tul ? dan akhirnya , kamu rela keluar banyak uang , diluar budget kamu, hanya untuk “mempercantik ” , ” memperindah” ” membuat jadi perfect” , padahal acara tersebut cuma 2 jam !!
  2. Kedua, jangan ingin lebih dari temen kamu. Misal : kebetualn temen sekantor , weddingnya deket tanggalnya dengan kamu, parahnya, dia lebih dulu. Akhirnya kamu khawatir kalo kalo , nanti orang bakal bilang , pesta temen kamu yang lebih ok dari pesta kamu. Fokus ! tujuan pesta pernikahan adalah  ” share the moment, share the happiness ” just it ! SEtuju gak ?GA perlu saingan untuk hal yang seperti itu. Mereka share kebahagiaan mereka dengan cara mereka, dan kamu dengan cara kamu. Both are just fine ! Nothing wrong with that ! KAlau ada temen kamu yang akhirnya comparing , itu berarti temen kamu yang gak mengerti tentang tujuan diadakannya pesta pernikahan, tul ?
  3. Mengenai masalah orang tua , pertama kamu beri pengertian bahwa, ini adalah pesta kamu, bukan pesta mereka. Dan berikan juga penjelasan, bahwa mengeluarkan budget untuk wedding yang terlalu berlebihan itu tidak efficient. Kenapa enggak, duitnya dipake untuk nyicil apartement or rumah ? atau mungkin membuat kitchen set yang bagus, atau beli sofa idaman. Daripada menghabiskan uang untuk pesta yang cuma 2 jam, lebih baik dipake untuk hal lain yang lebih long lasting, tul ?

sekian dulu dari adit, nantikan sharing dan kisah berikutnya , ok ?

entertainment expert by joshua aditya and hardhy

wedding entertainment jakarta

expert.entertainment@yahoo.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s