waduuhh !! babygrand piano-nya ga bisa masuk venue kamu ??

duuuuaarrr!!!!!

Begitu tuh rasanya , kalo tiba tiba , jam 4 sore , dapet kabar piano kamu ga bisa masuk venue, padahal acara jam 7 malem !! hahaha , berasa dapet bomb 2 ton , berasa dapet beribu-ribu ulet bulu tiba tiba nempel di badan kamu, ato di serang ama satu koloni kecoak !! hahah ( lebaiii diitt  V_V ” ) . GAk lebay koqq .. beneran .. gimana bisa ?? 3 jam sebelum acara dan piano ternyata ga bisa masukk ?? alamat kacau bin balau ..

Hal ini memang pernah kejadian dulu, duluu banget .. tapi bukan 3 jam sebelum acara, melainkan sehari sebelum acara. Untungnya, waktu itu , karena wedding sabtu dan kebetulan jumat tanggal merah, piano datang jumat sore .. dan ternyata ga bisa masuk. Hal ini memang bisa jadi masalah besar, kalau pianonya baru datang sabtu nya. Yuk kita check sama sama , KEnapa sih piano ga bisa masukk ??

kenapa piano ga bisa masuk?

Beberapa sebab piano ga bisa masuk antara lain :

  • jalur dan pintu masuk nya terlalu berundak undak dan sempit , plus mungkin belok belok dengan sudut yang akhirnya membuat sudut mati pada saaat pengangkatan piano. Hal ini mungkin tidak akan terjadi di ballroom, tapi .. sangat mungkin terjadi di tempat outdoor. Tempat outdoor tidak mempunyai default desain. Namanya outdoor biasanya lebih free style .. Ada satu tempat outdoor di bilangan BSD yang tidak bisa menggunakan piano karena alasan di atas. ( pengalaman pribadi .. V_V”, hikz hikz )
  • Lift barang nya tidak muat untuk piano . Babygrand piano mempunyai ukuran 1.3×1.3 sampai 1.8 x 1.8 kurang lebih. Dimensi tersebut harga mati, Cui! haha , ga bisa kurang gabisa lebih .. dan ga bisa dilipat , yee .. ^_^ . Oleh karena itu, harus kita perhatikan bareng bareng , bahwa kalo tempat wedding kita , jarang digunakan untuk pesta pernikahan, atau misalnya tempat wedding kita termasuk gedung baru, hotel baru, yang mungkin belum pernah ada riwayat “menggunakan babygrand piano”, kamu harus mengecek, apakah bisa atau tidak kita gunakan piano. Ada satu hotel baru yang bagus di bilangan Sarinah, nah .. walaupun bagus, sayangnya hotel tersebut tidak bisa kita pake untuk piano .. lift nya super mini … V_V ” .
  • Alasan yang ketiga, yang paling bikin adit jengkel, lift barangnya rusak !! dan, tangga untuk naik ke atasnya sudutnya terlalu menaik .  PAkk , buuu .. untuk angkat piano kita butuh 8 orang . NAh, kalo tiba tiba kita musti angkat naek tangga, sudutnya menaik, resiko. Tidak safety, baik untuk kru yang mengangkat maupun untuk pianonya itu sendiri . Gak mau donkk tiba tiba kru adit jadi tom&jerry, kejepit piano aja gituu ?? hahahaha.. Plus, memang terlalu riskan untuk angkat piano dengan keadaan seperti itu. JAdi, pada saat technical meeting , harus di mention bahwa kita akan menggunakan babygrand piano. Wajib ! hal ini penting, agar pihak venue aware dengan keadaan tersebut, dan apabila ada masalah bisa segera diatasi pada saat technical meeting.
  • SElain itu, piano juga mungkin tidak bisa masuk karena sudah dipasang metal detector. Kasus ini sangat jarang , dan adit belum pernah mengalami hal ini. Tapi, salah satu sahabat adit , yang juga wedding entertainer , pernah mengalaminya. Pusing gak tuhhh, kalo tiba tiba kita ga bisa masukkin piano, karena  inisiatif panitia untuk memasang metal detector lebih pagi dari jadwal seharusnya ??? Buat kamu yang memang menggunakan metal detector , kamu harus punya time keeper yang memastikan bahwa semua berjalan seperti run down kamu, plek plek.  Ga boleh ada acara inisiatif inisiatif agar cepet beres dll .. Masing masing vendor berpegang pada run down tersebut.

KAlo ternyata piano ga bisa masuk, terus musti gimana ?

Pertanyaan bagus anak anakkkk … ^_^ KAlo ternyata piano ga bisa masuk, ada beberapa alternatif , yang pertama adalah .. kamu menggunakan electric piano. Electric piano, memiliki kualitas suara yang sangat menyerupai piano aslinya. Bentuknya memang seperti keyboard, tapi tuts nya sudah berat. JAdi bedakan dengan keyboard yang mungkin klasifikasinya lebih ke filler . Nah, tapi memang bentuknya seperti keyboard. JAdi, dari segi visual mungkin kurang cantik. ( trus gimanaaa donkk ? )

JAngan sediiihh, saat ini ada rumah – rumahan piano. Artinya , piano palsu. Electric piano dipasang di dalam rumah-rumahan piano. MEmang , jarang ada entertainment yang ingin pake ini. Di mana mana, mereka pasti lebih suka kalo dapet piano asli. Tapi, kalau misalnya uda kepepet ?? Keuntungan dari rumah piano ini adalah, mereka bisa dibongkar pasang , dan kalau pun harus angkat-angkat, tidak terlalu berat. KAmu juga bisa menggunakan rumah piano ini , kalau misalnya tanggal kamu  terlalu padat sehingga tidak ada piano yang available.

Alternatif lain adalah kamu mengganti konsep musiknya , jadi lebih elektrik atau akustikan . Tapi yang ini kayaknya agak ribet kalo kamu tiba tiba ganti konsep ^_^

Kenapa adit bahas ini ?? KEmarin Jumat, adit ada event di Hotel Aryaduta , poolside. Acara halal bi halal Perdana Consulting. ( adit dapet dari client adit 2009 ..hahaha ) Dan belum ada history bahwa piano bisa masuk ke area poolside tanpa masalah. Untungnya, vendor piano adit sangat teliti. Mereka berinisiatif untuk mengecek terlebih dahulu. DAn , untungnya bisa. ^___^  HAl ini memicu adit, untuk share ulasan adit hari ini buat kamu semua. SEmoga bisa membantu kamu , mengurangi kendala yang mungkin muncul pada saat THE DAY nya kamu ^_^ good luck guys

Entertainment expert

wedding entertainment jakarta by joshua aditya n hardhy

expert.entertainment@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s