kalo pake panitia keluarga dan MC yang gak biasa wedding..

huff , adit mau share sedikit keluhan sih .. sebenernya .. beberapa kali belakangan ini, adit mengiringi acara wedding .. tapi tapi tapi .. agak semrawut alur “flow” acara nya .. kenapa ? karena beberapa hal sbb :

  1. MC – yang seharusnya memimpin acara , tapi .. entah karena dia tidak biasa wedding atau memang pembawaan nya , dia membawakan acara wedding seperti acara sweet 17th . dissaster !! mossoook iya, bawa acara wedding ala ala Olga ?? kan ga mungkin tohh .. huks , which is .. dia ngomong sepanjang acara , dengan nada dan gaya bicara yang soooooo ke kanak kanakan banget .. yang menurut adit .. jadi berisik, dan merusak kerapihan flow acara itu sendiri ..
  2. panitia panitia nya tidak sigap – hal ini memang dimengerti , karena memang mereka kan tidak terbiasa mengurus acara , tapi .. seharusnya, paling tidak dilengkapi dengan HT. ini hal yang paling penting .. nah, kalau tidak ada HT , gimana caranya mencari panitia tersebut, kalau dia ngilang.  PAdahal, panitia kan sebenernya ( karena keluarga atau teman sendiri ) , biasanya banyak kenalan yang juga hadir di sana .. mungkin aja , mereka jadi keasikan ngobrol dengan temen or keluarga yang datang .. jadi tidak fokus pada tugasnya masing masing ..
  3. Panitia nya sibuk ama anak-anaknya yang masih kecil – ini paling parah. ADit liat, ada ketua panitia, yang anaknya terus terusan nangis! OMG! bener-bener bikin pusing liatnya juga.
  4. MC nya terlalu manggut manggut apa kata panitia. – Nah, yang ini penting juga .. kenapa .. karena .. seharusnya, semua vendor, baik itu MC, entertainment , dll , ( karena kita memang sudah memiliki pengalaman sblmnya ), kiita yang lebih mengerti pakem pakem acara wedding. ADa beberapa hal yang tidak bisa kita langgar. Misal, kalau tiba tiba ketua panitia minta acara wedding dimulai jadi jam 18.30, padahal saat itu , ( adit hitung ) undangannya kira kira kurang dari 50 an orang. DAn semuanya cuma panitia, masak iya, MC nya manggut aja. Walhasil , prosesi masuk jadi melempem.. kosong plong plong plong .. kita harusnya beri masukkan, apa yang sebaiknya dilakukan, bukan manggut manggut aja. PAs aku bilang ke MC nya, dia cuma bilang ” lha mas, kita kan yang dibayar .. kita mah diem aja, gw sih manggut apa kata mereka deh. Ga tau deh kalo lo gimana . ” NAh, salah kann ?? seharusnya kita justru kasi masukan apa yang bagus dan baik, dari pengalaman kita sebelum sebelumnya.

positif negatif

Adit menuliskan hal ini, agar menjadi lesson learn buat kamu kamu semua yang lagi mempersiapkan wedding agar apa yang menjadi kekurangan bisa kamu pelajari, dan kamu hindarkan di acara wedding kamu. Berikut beberapa hal yang menjadi positif negatif kamu menggunakan panitia keluarga atau teman :

  • PAnitia biasanya hanya fokus pada tugasnya masing masing, tapi mereka biasanya tidak (terbiasa untuk) memperhatikan flow acara secara keseluruhan. Contoh, hal ini yang baru aja terjadi, saat ada panitia yang diberi tanggung jawab untuk mengurusi foto foto, yang dia pikirkan hanya “bagaimana caranya foto foto beres” tanpa berpikir, bagaimana caranya flow dari foto foto tersebut dapat berjalan dengan manis , tanpa merusak flow secara keseluruhan.  Beberapa hal yang “nyata ” terjadi , acara foto foto di mulai dari jam 19.30. DAn , dia terus memaksa MC untuk mengumumkan berkali kali  , nama orang orang yang akan difoto, tanpa mengiraukan ( adit ) yang lagi nyanyi. Trus akhirnya , karena dia merasa “terganggu” dia minta ke sound man, suara kita dikecilkannnnn banget !!  ( adit bener bener ngerasa dikacangin ) , sampai akhirnya kita ga bisa denger suara kita sendiri. Aku coba menawarkan ke mereka apa mau diganti CD aja ? Trus dia malah bilang ” ga perlu ganti CD mas, nanti mas MC biar aku suruh teriak teriak pake Mic aja untuk memanggil orang orangnya ?? ” WHAAATTT ???? JAhatt banget !!
  • Begitu sudah acara makan makan dimulai, panitia hilang semua, tidak ada yang mengatur flow salaman. Tidak ada yang menjaga bagian entertainment, bahkan paling parahnya lagi, VIP dll ,datang , tapi tidak ada konfirmasi ke bagian entertainment, MC harus terus menatap pintu masuk , untuk memastikan tidak ada VIP yang terlewat , huff .. Paling parahnya lagi, seharusnya acara lempar bunga, ehh .. karena tidak ada yang mengatur flow salaman, undangan tidak mau ngerti . lempar bunga baru dilakukan belakangan, setelah jam 9 lewat .. kasihan kan  flow jadi berantakan ??
  • panitia juga , kebanyakan agak egois hahaha .. skali waktu, ada ketua panitia ingin menyumbang lagu, tapi .. pengantin minta tidak ada satupun yang menyumbang lagu. Akhirnya aku bilang ke ketua panitia tersebut, bu, ibu nanya dulu aja ke pengantin .. asal pengantinnya ok, aku sih ok aja  ^_^ .. tiba tiba dia marah bentak adit , ehh kamu tuh anak kecil, kamu mesti tau ya , saya ketua panitia artinya, saya tuh WO nya .. kamu jangan banyak atur .. PEngantin sibuk, masa saya ganggu cuma minta nyanyi . Terus dia nyelonong pergi .. hahahahaha

Kayaknya, ga adil kalau adit ga bahas sisi positif panitia :

Kita mesti menghargai, bahwa panitia ( keluarga dan teman ) adalah orang orang yang ingin berinisiatif untuk membantu, berpartisipasi dalam acara wedding kalian. JAdi .. itu sebenernya sweet banget tul ?

Hal apa yang harus dilakukan untuk memoles panitia ?

  • lengkapi dengan equipment ( HT , dll )
  • pilih panitia yang belun punya anak ( ini wajib !  apalagi ibu ibu, biasanya kalau uda ketemu temen lama, lupaaa )
  • pilih panitia, yang tidak cepet marah, tidak terlalu cerewet, tidak terlalu terburu buru
  • pilih panitia yang : juga sebelum sebelumnya kamu tau, sudah pernah mengatur acara ( tidak perlu wedding , misalnya acara kantor, acara keluarga, dll ) jadi minimal , mereka tidak terkaget kaget lagi
  • mengerti bahwa acara wedding itu adalah acara yang integrated , artinya : ada banyak element di sana : mulai dari pengantin dan keluarga inti, undangan, dan vendor tentunya .. element element ini , harus terintegrasi dengan baik, sehingga acaranya berlangsung lancar.

Huff, sekian dulu keluhan adit ,semoga kalian dapat mengambil manfaat dari apa yang adit alami .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s