ORang Tua Gw PEngen ‘Alat Musik Adat’, gw pengen Jazzy .. Gimana dunkk ??

hi Guys ! hahahaha, adit ngakak banget waktu ada beberapa client adit yang sempet berantem ama orang tua, cuma mengenai masalah babygrand piano versus alat musik adat ! Get what i mean ? Hmm.. Jadi gini ceritanya..

Buat kita anak muda, orang yang biasa stay di jakarta, atau kota besar misalnya, istilah ‘jazz’ maupun ‘jazzy’ pasti sudah familiar. JAzz memang lekat dengan aura ‘mahal’ dan ‘susah dimengerti’. Tul ? tapi, jaman sekarang penikmat jazz sudah jauh lebih banyak daripada era taun 90’s. Terutama untuk anak-anak muda kota besar. Penyanyi-penyanyi indo pun, saat ini mulai banyak yang mengusung tema JAzzy, dan terbukti sukses di pasaran, seperti Tompi, Maliq, Glenn dengan chord chord miring nya kadang-kadang, Andien, dan masih banyak lagi. Ditambah dengan JAVA JAzz Festival yang selalu padat, plus JAzz Goes To Campus yang terbukti sukses.. singkat kata, JAzz bukan lagi suatu musik yang ‘berat’ dan ‘gak gelas’ .. Nah, masalahnya .. anak-anak muda di jakarta, started from 15 – 30 ( usia produktif ) ,banyak yang merupakan anak rantau, dari kota kota lain se-Indonesia. Ada yang bekerja, ada yang kuliah, maupun sekolah. SEdangkan orang tua mereka, tinggal di luar kota JAkarta. Trus, gimana ceritanya , kalau kita mau menikah, dan ingin musik pengiringnya  ala-ala JAva Jazz? atau at least lebih modern dengan babygrand piano, tidak hanya organ tunggal atau alat musik adatan , padahal orang tua kita ‘GAK NGERTI’ dengan musik yang kita inginkan ??

Alat musik adat . Merupakan alat musik yang memang lebih familiar, di mata orang tua, lebih menghargai ad at (katanya) , tapi .. dapat dipastikan apabila alat musik adat yang mengiringi wedding party kamu, lagu yang di mainkan pun lagu adat smua, misal : tema Padang, lagunya lagu lagu minang. PAdahal, ga semua temen-temen kamu orang PAdang, dan mengerti lagu-lagu tersebut.

Musik Modern. YAng dimaksud musik modern di sini adalah : babygrand, contra bass, saxophone, trumpet, violin, flute dll yang memang lebih universal dibandingkan dengan alat musik adat. Adit memang dapet banyak PR , mesti meng-aransemen ulang lagu adat : bubuy bulan, Malam Bainai, trus ada lagi lagu jawa dan Pak KEtimpang KEtimpung, in JAzz version, tapi .. sisanya , kita memainkan lagu Indonesia, lagu BArat, yang memang lebih mencakup kepada keseluruhan undangan yang hadir. Artinya, lagu yang kita mainkan, sebagian besar dimengerti dan lebih familiar .

PErtanyaan nya sekarang, apa tujuan kamu memakai jasa Entertainment untuk Wedding kamu ?

Nah, kembali kepada pengertian Entertainment, to entertain : artinya menghibur .. menghibur siapa ? menghibur undangan. JAdi, entertainment yang kamu pakai itu  bertujuan untuk menghibur undangan yang datang. JAdi kamu mesti dengan cermat memilah, mengenai latar tamu undangan kamu nantinya. APakah sebagian besar tamu dari orang tua ? tamu dari kantor ? dll ..

Cerita nya akan sedikit berbeda, apabila kamu mengadakan pesta di daerah tempat kelahiran kamu , dibandingkan dengan pesta yang kamu adakan di Jakarta. Tentu, apabila kamu mengadakan pesta di tempat kelahiran kamu, yang datang hampir dapat dipastikan, satu bahasa dan satu latar belakang adat. Sedangkan JAkarta, merupakan tempat yang plural. Mungkin : boss kamu bule ? temen kantor kamu orang Sunda, sedangkan kamu orang Bengkulu ? Atau, ada yang Chinese , sedangkan kamu orang Bali ? nah, titik tengah dari semua problem latar belakang yang berbeda adalah, dengan menghadirkan satu entertainment yang lebih universal. Tul ?

Kamu dapat menggunakan latar belakang penjelasan yang adit describe di atas kepada orang tua kamu. Semoga mereka mengerti, latar belakang kenapa kamu memilih alat musik yang lebih universal.


One thought on “ORang Tua Gw PEngen ‘Alat Musik Adat’, gw pengen Jazzy .. Gimana dunkk ??

  1. mulii says:

    huaaaaaaaaa…

    bener bangeeettt!!!!!!
    gw rencananya pengen musik latar nikahan gw nnti tuh akustikan aja.. (ga jazz bnget juga sih, tapi akustikan tuh suasana romantisnya lebih dapattt)
    tapiii

    😥

    ortu gw MAUnya…. organ tunggal….

    *feeling sooo sad!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s