KONSEP DEKORASI mesti NYAMBUNG GAK YA DENGAN KONSEP MUSIK NYA ?

Hi Couplez !

gimana kabar kalian  ? Minggu ini kebetulan adit ada break 1 minggu .. minggu santai .. hehe .. Capekk sekaligus exciting memang, ikut berpartisipasi dalam wedding -wedding party setiap bulannya .. ^_^ ..  Hmm.. minggu ini kebetulan banget, adit dapet tema tulisan yang lucu, dan sekaligus mungkin sempat terbesit dalam pikiran kamu semua .. Mesti Gak Ya Dekorasi jadi Satu Konsep Dengan Musik nya ?

Sebelum adit jawab pertanyaan kamu , yukks kita ngobrol-ngobrol sebentar tentang konsep musik dan konsep dekor itu sendiri ..

DE-KOR plus VENUE

dekorasi biasanya pertama-tama dilihat dari konsep dasar venue yang kamu pilih. Maksudnya, setiap venue memiliki aura yang berbeda beda. KOQ ? hmm, biar lebih mudah adit kasih contoh aja ya .. Misalnya gedung ARSIP , karena dia sedikit-sedikit classic outdoor, pastinya paling enak kalau kita membuat konsep dekorasinya yang lebih ke arah elegan, tapi lebih bersifat GARDEN PARTY . tuull ?? Pasti seru banget, kalau kita membuat konsepnya sedikit tropical, atau mungkin lebih ke arah CARNAVAL party  ? gimana menurut kamu ? Nah, sedangkan ruangan yang seperti GRANADI, misalnya , lampu besarn nan megah di tengah ruangan tersebut memperkuat kesan classic indoor yang romantic . JAdi dekorasi yang mewah dengan nuansa warna coklat – hijau dan gold yang natural akan memperkuat kesan ‘mahal’ dari ruangan tersebut.  Untuk tempat-tempat yang sangat luas dengan langit-langit yang tinggi seperti BALAI SAMUDERA, tentu menjadi pengecualian. Ruang yang luas seperti itu sangat mudah didekor. KAmu bisa membawa selusin Pohon kelapa/ palem untuk menghadirkan suasana TROPICAL tanpa khawatir ruang tersebut penuh sesak hanya untuk dekornya, atau kamu dapat membawa masuk suasana ROMAN dengan set sofa yang elegan tanpa khawatir ruang tersebut menjadi sulit untuk ruang gerak undangan kamu .. tul ?

Nah, setelah kamu menentukan konsep dasar dari dekorasi kamu, dan juga aura venue tersebut, skarang ada hal lain yang mungkin perlu kamu pertimbangkan. Konsep musik yang seperti apa yang kamu pilih?

Banyak couplez yang lupa untuk menyesuaikan konsep musik dengan dekorasinya. Padahal, seharusnya musik yang disajikan, menjadi se-jiwa dengan dekorasi yang ada. Contoh : dekorasi dengan konsep tropikal , tidak akan cocok apabila musiknya romantic love song , tul ? atau dekorasinya romantis, dengan warna girlie, seperti pink, ungu muda, putih, tidak mungkin cocok dengan konsep musik samba, dengan perkusi yang memang lebih fun dan happening sifatnya. gimana menurut kamu ?

synchronization

Yupphh! Sinkronisasi itu penting , karena setiap elemen dalam suatu acara seharusnya saling mendukung dan blended, tidak terpisah sendiri-sendiri. tul ? So, kamu mesti menyesuaikan, konsep musik dengan dekorasi yang kamu ciptakan sehingga atmosfernya tidak divergen. Gimana sih caranya ?

Berikut beberapa tips dari adit :

  1. Untuk garden party, atau tropical concept :  pilihan lagu kamu harus groovy dan medium beat, jangan terlalu slow, karena garden party /tropical concept harus happening dan fun. Kecerian menjadi topik utama dalam pesta kamu. Semua yang datang harus merasakan feel : “this is the party! ” Kamu dapat menambahkan perkusi atau jazzy drum yang akan lebih menyemarakkan lagu-lagu yang dibawakan nantinya. Satu atau dua penyanyi tidak masalah selama pilihan lagu nya tepat. JAngan terlalu banyak love songs. Atau, kalaupun kamu mau lagu lovesongs, lagu tersebut di retouch dengan versi bossas nya atau lebih swing sedikit pun akan terdengar asik dan tidak ngantuk. ^_^
  2. Romantic , lovely party : pilihan lagu kamu memang lebih ke arah jazzy love songs, dengan konsep elegan, seakan-akan semua yang hadir tersihir dengan magical love songs yang mengalun indah. Tidak ada lagu-lagu perang urat leher, lebih ke suasana classic namun cantik dan ‘mahal’. Pesta kamu akan berkesan ‘ningrat’ dari golongan bangsawan. ^_^ ..
  3. Lounge for a private party : satu penyanyi dengan gitar, flute, dan contra bass sangat pas untuk wedding party jenis ini. ^_^ .. apabila kamu ingin menggunakan babygrand, cukup 1 vocalis dan piano tersebut , untuk menghindarkan kesan penuh dan berisik . Dalam private party seperti ini, undangan akan lebih saling bercengkarama satu dengan yang lainnya, suasana sedikit redup, dekorasi minimalis, dengan pengantin yang minggle, mungkin tanpa pelaminan, akan memperkuat kesan HANGAT . so, jangan pilih lagu yang berisik, maupun instrumet yang penuh ..
  4. adatan,  traditional party : biasanya konsep dekorasi untuk pesta tradisional lebih cenderung penuh. Dengan panggung yang tertata indah dan megah, konsep gaun pengantin yang khas , dan konsep ruang yang sudah baku akan membuat kita lebih leluasa untuk memilih konsep musik yang dimainkan. Selama ini, walaupun konsep utamanya adalah traditional, banyak client adit yang memilih musik pengiring santap malam nya dengan tema jazzy. Lagu pilihannya pun variatif, mulai lagu rock minta di retouch jadi bossas, lagu adat diretouch jazzy, lagu indonesia taun 80 an diretouch jazzy, sampai lagu Titiek Puspa pun diretouch ! ^_^ .. So, buat kamu yang konsepnya traditional-an, pasti lega deh! Lagu-lagu andalan kamu akan dapat kita mainkan lebih leluasa, tull ?? ^_^

so, semoga tips dari adit cukup membantu kamu untuk memilih jenis entertainment dan lagu yang akan dimainkan .. ^_^


6 thoughts on “KONSEP DEKORASI mesti NYAMBUNG GAK YA DENGAN KONSEP MUSIK NYA ?

  1. romy says:

    mas adit mau numpang nanya nie…
    mas kalo tempat untuk menyewa properti2 seperti sofa atau meja bar kursi bar gt di mana yah?
    kebetulan aku ada acara yang tematik acaranya tu lounge.
    mohon pencerahannya ya mas.

    terima kasih

    • entertainmentexpert says:

      weleh .. kalo bar , biasanya properti dari venue nya sendiri mas, misalnya puro .. gitu .. tapi kalo mas mau coba tanya ke meriah dekor gimana ? dia biasa nge-dekorin wedding. kalo mas minat, nanti adit kasi contact personnya.

      • silvi says:

        mas adit, mau mnta sarannya ya,,,
        dikmpus ku bakalan ada acara health in campus,,
        nah,,acaranya itu jg ada bazar,,,
        ruangan yg dipakai ruangan trbuka..
        kira2 ada saran gk buat konsep dekor???
        thnks,,

      • silvi says:

        mas adit, mau mnta sarannya ya,,,
        dikmpus ku bakalan ada acara health in campus,,
        nah,,acaranya itu jg ada bazar,,,
        ruangan yg dipakai ruangan trbuka..
        kira2 ada saran gk buat konsep dekor???kirim k email ya=)
        thnks,,

  2. dyo says:

    bang bisa minta tolong saran konsep dekor ??
    acaranya buat natal SMA sekota, temanya Live Up Your New Life…
    pakek gedung tertutup bang…
    kirim di email ya bang…
    makasi bang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s