Pake CD atau live music yaa ??

Hi guys, beberapa waktu yang lalu adit sempet baca pertanyaan di sebuah website wedding terkemuka indonesia mengenai music dalam sebuah wedding party .

musik  ? pasti perlu donk ! karena , musik mampu menciptakan suasana, kesan, rasa, membawa mood, dan yang pasti, musik membuat suasana pesta kita tidak hening ! Bukan pesta namanya, kalau kita cuma denger orang ngobrol doang tohh ? hehe .. Nah, masalahnya di sini, lebih enak mana ? pake CD atau live music  ? adit akan coba memilah milah, sisi plus minusnya dari kedua jenis musik tersebut.

MUSIK

Musik adalah warna. Tapi lebih dari itu, adit lebih suka istilah soul controller .. kenapa ? karena musik mampu mengubah mood kita, musik mampu menciptakan suasana hati, mood mampu menciptakan emosi , karena musik merupakan luapan emosi. bahkan, mood mampu mengontrol detak jantung kita loh . pernah denger ga ? kenapa banyak tempat makan , memasang alunan musik yang agak cepat ? karena .. mereka ingin agar semua orang makannya cepet-cepet, biar cepet beres, cepet berdiri, cepet ganti konsumen lagi .. hehe .. sedangkan tempat relaksasi menggunakan lagu yang lambat temponya dengan tujuan agar detak jantung kostumer mereka lebih lambat, dan relaks. so ? ini beneran lowh .. ^_^ So .. jangan bermain main dengan musik..  hehe ..

Nah, CD .. memang terdengar indah… tapi tidak real .. dalam artian .. kalau kamu pernah membaca bahasan adit beberapa waktu yang lalu tentang konsep sebuah entertainment .. adit membahas bahwa entertain mempunyai 2 sisi.. audio dan visual .. kedua-duanya harus saling melengkapi dan tidak berlebihan .. dan harus ok .. baru entertain tersebut dapat dinilai baik.. ^_^ .. CD tidak mempunyai sisi visual .. karena toh hanya memperdengarkan lagu saja .. tapi tidak ada tampilannya .. sedangkan live music ada tampilan visualnya .. Jadi memang sesuai dengan judul nya ” entertaining ” .. gitu ..


Kita menggunakan CD kalau ….

  1. tempat resepsinya sangat terbatas.. untuk ruangan yang kecil, penggunaan live music selain sangat memakan tempat, juga akan terdengar sangat berisik .. karena space yang terbatas membuat ruang suara yang kecil tersebut bercampur aduk antara suara undangan bercengkrama dan suara musik. tempat resepsi yang kecil ini mungkin lebih menyerupai private party 100 undangan ..
  2. selera musik kamu tidak dapat di realisasikan ke dalam bentuk mini chamber atau mini orchestra ..  contoh : European musical drama, broadway, choir, orchestra , house music , disco ..
  3. kamu tipikal yang fanatik terhadap penyanyi aslinya .. ^_^ .. beberapa orang meminta seorang penyanyi menyanyikan lagu Mariah Carey dengan versi asli se-asli aslinya .. huahahahahaha .. Berat memang ..
  4. Kamu bukan tipikal orang yang mengutamakan musik .. jadi mungkin kamu tidak mengalokasikan budget kamu ke entertainment nya .. tapi lebih ke dekor, undangan , dll ..

Live music .. dari segi visual .. pasti menang dibandingkan dengan memasang CD .. tapi memang live music memiliki resiko tersendiri .. misal , pemainnnya tidak bermain dengan baik, atau .. sound system nya tidak bagus , dll .. So, sebelum kamu menggunakan performer, kamu harus tau jelas, apakah entertainment pilihan kamu itu bagus atau tidak.

Kelebihan live music sudah adit bahas di bahasan yang lalu lalu .. ^_^ .. tapi , brief reviewnya : bahwa .. live performance mampu menghadirkan suasana yang beda.. Mungkin lagu nya sama, tapi di aransemen ulang ,di retouch, dibawakan dengan beat / cara yang berbeda .. jadi sense nya , atmosfirnya .. berasa baru .. ^_^ ..  dan itu akan menciptakan pembawaan pesta kamu dengan gaya yang berbeda pula ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s