pake sound system Gedung .. ato pake sound system dari luar ya ??

oooooooGuys,  kali ini adit akan membahas tentang sound system. Banyak calon client yang bertanya mengenai riskan tidaknya menggunakan sound system dari gedung untuk sebuah wedding entertainment.  Memang, sebagian besar gedung wedding di jakarta telah diperlengkapi dengan sound system. Namun demikian, spesifikasinya tidak memadai apabila digunakan untuk babygrand dll. Jujur, perform dalam keadaan sound system tidak memadai, keadaan itu menjadi sangat riskan. high risk banget ^_^ Gimana kalau ternyata suara MC nya gak kedengaran ? atau mungkin performance dari entertainmentnya suaranya sember, karena kapasitas sound nya terlalu dipaksakan ? ^_^

Soooooooooooooooo, adit akan menuliskan detail beberapa alasan yang menurut adit patut untuk dipertimbangkan, yaitu :

  1. Apabila kita menggunakan babygrand. Babygrand biasanya ditodong oleh 2 buah mic, agar suaranya bisa masuk ke mixer. Mic yang digunakan bukan mic yang biasa, karena kemampuan mic  standard terbatas. Hal ini berkaitan dengan range frekuensi yang dapat di capture oleh mic tersebut. Sebagian besar mic yang kita gunakan, hanya dapat menangkap suara dengan frekuensi standar. Sedangkan untuk suara yang berfrekuensi lebih rendah atau lebih tinggi, mic tersebut tidak dapat mengcapturenya. Babygrand, mempunyai range mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi, skitaran 5 oktaf. Untuk itu dibutuhkan mic yang lebih spesifik, sehingga tangkapan suaranya lebih maksimal. Mic biasa hanya mengcapture tidak lebih dari 50 % suara aslinya.
  2. Begitu pula halnya dengan penggunaan mic untuk contra bass ( bass accoustic klasik yang bentuknya besar). Frekuensi yang rendah tentunya tidak akan tercapture oleh mic biasa.
  3. Ketersediaan kapasitas sound di gedung. Biasanya, gedung-gedung hanya menyediakan kapasitas sound yang tidak terlalu besar. Alasannya adalah bahwa gedung biasanya hanya menyediakan sound untuk memasang CD lagu adat untuk performance pembukaan. Mereka tidak menggunakan speaker / amplifier yang spesifik untuk entertainment. Selain itu, apabila kapasitas nya tidak memadai, dan akhirnya dipaksakan, tentunya akan mengakibatkan suara yang keluar menjadi pecah/sember nantinya. Hal ini tentu akan merusak performance, dan mengakibatkan udangan yang hadir tidak dapat menikmati alunan musik, malahan merasa terganggu.
  4. Mengenai perawatan sound system dan alat-alat lainnya. Kita mungkin tidak pernah tahu bagaimana perawatan sound system tersebut. Perawatan / maintenance tentunya sangat diperlukan untuk menjaga kualitas sound tersebut. Nah, hal ini yang paling adit takutkan. Gimana kalau adit lagi nyanyi, mic nya mati? Dan ternyata kabelnya putus ? ( misalnya ) Hal ini tentu tidak akan pernah terjadi apabila kita menggunakan sound specialist. Biasanya, seorang sound specialist selalu membawa banyak kabel cadangan, mic cadangan, bahkan mereka membawa jack yang bervariasi, untuk meminimalkan hal hal buruk yang mungkin terjadi. Selain itu, mereka pasti melakukan check rutin dan maintenance untuk peralatan milik mereka. ( somehow, itu adalah mata pencaharian mereka ^_^ ) Tentunya , kita akan lebih secure, right ?
  5. oooterakhir, kualitas soundman! Yang ini juga ga kalah pentingnya. Walaupun alatnya sebagus apapun juga, kalau tidak ada orang yang handal untuk mengoperasikannya, tentunya semua jadi sia sia !! ^_^ Yang ini adit bener-bener tekankan dalam setiap performance adit . ^_^ Dibutuhkan soundman yang teruji, yang mampu mengatur besar kecilnya volume setiap instrument, trebble-bass nya juga, dan menyatukan nya sehingga paduan suara yang terdengar menjadi harmonis. ! ^_^ . . tul ?

Adit takut, kalau-kalau semua yang kita lakukan jadi mubazir cuma gara-gara sound system .. Suara MC ga jelas, pengaturan soundnya berantakan, suaranya sember, sering feedback ( nge-juit juit ) .. atau mungkin mic nya mati mati .. semuanya akan merusak keseluruhan acara yang kita persiapkan dengan jerih payah yang cukup lama dan uang yang tidak sedikit. ^_^

So, last but not least, adit bukan mau nakut-nakutin.. ^_^ Beberapa point di atas adalah pertimbangan adit sebagai seorang performer ^_^ Kalau kamu mau menggunakan sound system dari gedung, ada baiknya di test dulu .. survey dulu ^_^ .. nah kalau uda ensured mau pake sound gedung, dan sound nya tidak bermasalah ,  itu baru ok ! ^_^ tul ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s