ChargE listrik venue .. Guys, PleaSe BeCareFul

Hmm… beberapa hari yang lalu .. ada sepasang client adit nelvon . Dia bingung banget .. katanya, venue tempat dia akan melangsungkan pernikahannya itu ternyata meminta biaya charge yang cukup besar untuk sounM6d system . Awalnya adit pikir mungkin sekitar IDR 500.000 , atau maksimal IDR 1.000.00o total. Tapi ternyata adit salah ..  Mereka meminta IDR1.000.000 per satu alat musik , IR 1.000.000 untuk sound system,  IDR 1.000.000 per penyanyi dan IDR 2.000.000 untuk babygrand .. GILAAAA GA SIIHHH ??????? Which is, kalo ditotal-total, biaya untuk charge nya jauh lebih mahal dari total keseluruhan entertainment !!!!!! So, hati – hati ya..

Sebenernya apa sih charge gedung itu ? Nah, memang, biasanya setiap venue melakukan charge gedung, tergantung kontraknya. Ada beberapa venue yang melakukan charge gedung, apabila kita membawa sound system, dan entertainment. Tapi biasanya, kisaran harga untuk charge tersebut sekitar IDR 150.000 – IDR 750.000  .. Harga tersebut variatif, dilihat dari seberapa besar luas ruangan, kebutuhan sound system, dan mungkin juga dilihat dari kebijaksanaan masing-masing venue itu sendiri. Biasanya mereka melakukan sistem charge total, jadi tidak dihitung per-item.

Sebenernya, mau di bilang GONDOK , pasti gondok banget, tul ? Adit bisa ngebayangin, gimana perasaan client adit yang tiba tiba mesti keluar duit segitu banyaknya. Karena mereka mau tetap pake entertainment dari adit, akhirnya mereka memutuskan mengurangi total penggunaan alat musik dari adit. Hal ini memang dimaklumi. Tapi ada satu kesalahan mereka, yaitu tidak jeli untuk bertanya tentang charge gedung ini sebelumnya. Mereka baru mendapat pemberitahuan mengenai hal ini setelah technical meeting dengan pihak gedung. So, mungkin dapat menjadi catatan kita bersama, bahwa hal hal seperti pembayaran, charge dan biaya lain lain WAJIB kita tanyakan terlebih dahulu di awal, sebelum kita memutuskan untuk deal dengan venue tersebut.

Guys, ini curhatan yang wajib kamu baca. ^_^ Jangan sampe kamu yang jadi korban berikutnya. Adit ga bakal nyebutin nama venuenya, cuma satu pesen adit. Kita, baik entertain, venue, dekorasi, MC, catering. .. adalah part of .. hari terindah di dunia.. yaitu Wedding day .. Somehow, walapun itu pekerjaan, tapi kita sedang memegang peranan penting dalam babak baru kehidupan sepasang kekasih ^_^ .. babak baru kehidupan orang lain .. So,  jangan lah kita menggunakan kesempatan dalam kesempitan seperti cerita adit di atas.

8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s