Salah KapRah ?!?! Jangan donkkk …

Okay !! Gurlz, boyz, i have one simple question for you .. Knapa sih koq kamu pilih band jazz ?? atau bahasa Sunda-nya  : What is the reason behind picking a bunch of jazzy entertainers for your wedding entertainment ? hihih .. Kebanyakan orang cuma jawab : teuing atuuhh (ga tau.red) .. Katanya kalo denger kata jazz itu keren apa gimanaaa gituu.. So western banget ghetoohh.. hehe .. Eh.. tapi tau taunya .. begitu kita kasi lagu yang agak2 jazzy dikit … langsung di complain.. katanya .. ga ngerti lagu lagunya .. padahal kita kasinya cuma lagu : Let’s Fall in Love, L O V E , Growin Old With You ( in jazz ) . Duh … Salah kaprah ni diaa !! 

Memang, sebagian besar masyarakat di Indonesia tidak terlalu suka jazz, terutama untuk angkatan enyak ama babeh nye kite nii yee.. mereka pasti pada pusing kalo kita kasi lagu jazz. Tapi kalo mereka kita kasih lagu Issabella, Deru dalam Debu, Kisah cinta Di Hari Minggu, ato lagu Antara Penang dan Jakarta .. mereka pasti sukaa.. Tapi, saat ini kan anak-anak muda juga pada suka lagu jazz tulll ?? Nah, karena yang laen pada suka lagu jazz, kita yang saat ini masih blur  tentang lagu jazz, masih rancu ngebedain musik jazz dengan genre lainnya, mesti mulai belajar tau tentang jazz itu sendiri. Adit kasi beberapa spesifikasi tentang jazz deh okk ??

First of all, sebenernya back ground musik adit pun bukan jazz awalnya, tapi black music ( somekind of soul, R&B, blues, but not HIP HOP .. hehe.. bisa muntah semua kalo ngeliat gw ngerap .. ga pantes bangett ). Kalo gw nyanyi jazz .. lari nya jadi ke arah soul gitu .. Tapi kurang lebih .. ini dia beberapa kisi kisi  tentang jazz.. 

  1. jazz itu biasanya mempunyai kord yang agak2 blackish . kenapa disebut gitu ? jawabannya, karena kunci nada mereka itu mainannya pasti yang tuts nya item ( di piano ada tuts putih dan hitam )  So, nada yang mereka hasilkan jadinya unik, namun beberapa menganggap tidak familiar, atau nggak easy listening.
  2. Walaupun begitu, sekarang keluar music smooth jazz, atau easy listening jazz ( ex : Norah Jones ) atau penyanyi negro yang menggabungkan kord yang blackish tersebut dengan lirik dan nuansa love song  ( ex : Brian McKnight ) maupun nyentrik ( ex : Stevie Wonder ). So, jazz pun langsung menjadi pilihan asik untuk anak muda.
  3. Tapi adit .. dua point di atas nggak menjelaskan gimana cara gw ngebedain jazz dengan pop siihh ?? ok ok .. be calm ok ? Ini dia karakteristik jazz yang ngebedain dirinya dengan genre musik yang lain .. Jazz biasanya permainannya sangat skillfull, terbukti dengan fingering yang sangat cepat ( fingering : menekan tuts dengan cepat dan dengan pilihan nada yang asik ). Kalo uda ada yang model begoonoo nii.. itu uda pasti jazz dehh . hehe
  4. Beberapa jenis musik jazz yang sering kamu denger seperti retouch lagu2nya Frank Sinatra oleh Michael Buble, itu sebenernya menurut adit agak2 broadway dikit,  tapi justru yang ini yang banyak dicari kann ?? hehe. Sipp.. Two thumbs up buat kamu. Jenis lagu seperti ini memang sangat clazzy ..

beberapa point di atas kurang lebih menggambarkan jazz itu seperti apa .. Untuk anda yang tidak mempunyai bbyeack ground musik sama sekali .. adit kasi rangkuman aja ya .. Jazz adalah perpaduan musik yang memang tidak terlalu easy listening banget, tapi mempunyai komposisi yang unik dan membutuhkan skill yang cukup tinggi untuk dapat memainkannya, hal ini menimbulkan kesan clazzy, elegan saat alunan jazz mengalir memenuhi ruang resepsi anda. gitu … ^_^

 -h&a-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s