VocaList : MaLe and/or FeMaLe ?

Banyak Even Organizer mempaketkan dua vocalist dalam paket musik mereka.

Sebenarnya kenapa sih  ?

Alasan dipilihnya dua vocalist dalam paket musik suatu wedding entertainment biasanya  karena  lagu love songs-duet seringkali menjadi top request lagu wedding versi calon pengantin. Jarang terjadi lagu duet dinyanyikan solo-version. Lebih seringnya lagu solo dinyanyikan menjadi duet-version.  Lagu duet romantis yang dialunkan oleh sepasang vocalist seakan menggambarkan harapan para pengantin. Mereka berharap kisasadisth hidup mereka akan se-romantis lagu tersebut. Tapi patut diperhatikan, pada lagu duet, terdapat pembagian suara. Apabila penyanyi tersebut tidak mahir bagi-suara, atau tidak yakin pada saat menembak nada, lagu duet tersebut justru akan terdengar sumbang, dan hal itu akan terdengar jelas! Performance mereka akan hancur. So, untuk lagu duet, pastikan anda yakin akan kemampuan sang vocalist.

Jangan terkecoh akan paket yang terlihat lebih murah apabila kita memesan 2 penyanyi dibandingkan dengan paket 1 penyanyi. Kenapa ? Karena, penyanyi amatiran yang mungkin justru diberikan untuk anda. Penyanyi yang cukup qualified, saat ini range harga di wedding nya sekitar IDR 700 – 1.5jt. Untuk anda pertimbangkan, bagaimana apabila sebuah paket ditawarkan kepada anda dengan hanya IDR 3.5 jt sudah termasuk sound system, penyanyi, proarianist,piano, bass, dan saxo misalnya.  Kira-kira berapa reward masing-masing personelnya setelah dipotong keuntungan EO tersebut ? apakah dengan harga seperti itu, anda yakin kualitas permainan mereka ? SEmuanya ini adit buka sebagai bahan pertimbangan lebih mendalam untuk anda. Under budget memang penting, tapi apabila resepsi anda hancur hanya karena permainan musik dari entertainment pilihan anda itu ternyata sumbang-sumbang, kayaknya semua jadi sia sia saja.

Daripada anda memaksakan tetap menggunakan paket 2 penyanyi dari EO yang mungkin penawarannya cukup murah dibandingkan EO lain dengan harga yang sama namun hanya menawarkan 1 penyanyi, ada baiknya anda berhenti sejenak dan mempertimbangkan. Bukankah lebih baik menggunakan 1 penyanyi saja namun dia seorang yang professional ?

NAh, apabila ternyata anda memilih menggunakan 1 vocalist saja, apa yang akan anda pilih : homme or femme ?

Pilihan penyanyi male atau female sebenernya relatif tergantung selera dan pilihan lagu. Apabila anda banyak merequest lagu yang memang spesifik, biasanya dilihat dari liriknya yang sangat wanita sekali, atau sangat pria sekali, tentu tidak mungkin dinyanyikan oleh penyanyi yang berlawanan. Contoh : can i walk with you – India Arie, hanya bisa dinyanyikan oleh penyanyi wanita, karena di dalamnya terdapat kata-kata : can i walk with you as your wife .. Atau lagu lagu lain yang hanya dapat dinyanyikan oleh penyanyi pria saja.  Namun, apabila anda ingin mendengarkan pendapat saya, saya akan memilih penyanyi pria untuk solo. Karena sebagian besar mood lagu dengan medium beat   untuk wedding performance lebih asik dilantunkan oleh penyanyi pria daripada penyanyi wanita.

-h&a-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s