Tips : Luas RuanGan VS KoNsEp Entertainment

Dalam setiap acara, luas ruangan sering menjadi patokan dasar konsep entertainment yang kami inginkan. Ruangan yang terlalu luas tentu tidak akan tercover hanya dengan seorang penyanyi dan baby grand plus pianis saja. Hal ini akan membuat kemeriahan suasana wedding kamu menjadi hambar. Sebaliknya, suatu konsep entertainment full band pada ruang resepsi yang tidak besar hanya akan menimbulkan kesan berisik. Untuk itu dibutuhkan kesinambungan antara wedding entertainment yang kamu gunakan dengan luas ruang resepsi, sehingga hasilnya akan memuaskan.

Beberapa hal yang harus menjadi catatan

1. Tanyakan seberapa besar kapasitas sound system untuk ruang resepsi kamu. Setelah itu, gunakan sound system yang sesuai dengan kapasitas ruang tersebut. Kapasitas yang berlebihan hanya akan menimbulkan kesan berisik, sedangkan kapasitas yang terlalu kecil akan membuat semuanya menjadi sia-sia. Artinya, apabila kapasitas sound yang kamu gunakan terlalu kecil, hal itu akan membuat suara MC jadi tidak terlalu jelas, atau musiknya akan terdengar samar-samar karena kebutuhan soundnya tarik-menarik antar instrument. Gunakanlah kapasitas 3000 watt apabila kebutuhannya memang 3000 watt. Gunakanlah kapasitas 4000 watt apabila memang kapasitas 4000 watt yang dibutuhkan. Jangan menggunakan kapasitas 4000 watt untuk ruangan 2000 watt, atau kapasitas 2000 watt untuk ruangan 4000 watt..

2.  Jenis instrument tiup biasanya menjadi catatan kedua yang harus kamu pikirkan. Ruangan yang tidak besar sebenarnya tidak terlalu fit dengan trumpet atau saxophone. Flute is preferable. Kamu pasti pernah datang ke suatu resepsi dan suara saxophone / trumpet nya terdengar begitu berisik. Hal ini disebabkan oleh luas ruangan yang kurang besar. Flute terdengar lembut namun tetap berkesan elegan. Apabila hendak menggunakan saxophone, pilihlah jenis alto saxo, yang suaranya agak rendah dan tidak terlalu tajam. Suara trumpet memang sangat groovy, trumpet terdengar sempurna apabila dilantunkan dalam ruang resepsi yang luas, dengan konsep jazz, dan tambahan perkusi/drum.

3. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan konsep entertainment full band ( apalagi ditambah perkusi ) untuk ruang resepsi yang kecil. Panggung entertainment untuk konsep full band akan sangat memakan tempat resepsi anda. Pernah ada beberapa acara pernikahan yang memaksakan konsep full band pada ruang resepsi yang agak kecil. Lalu, apa yang terjadi ? Pertama, ada yang akhirnya memaksakan jumlah anggota band yang banyak tersebut pada panggung yang sangat sempit. Sangat tidak enak dilihat. Atau, yang kedua, memaksakan menggunakan panggung anggota band yang cukup luas, dalam ruang resepsi tersebut, ditambah dengan beberapa meja VVIP, dan panggung pengantin, lalu beberapa pondokan. Dapat anda bayangkan betapa penuh, mungkin cenderung berantakannya ruang resepsi tersebut ?

365634ruvpqmirb5

-h&a-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s